Home » » Cara menghitung Poin Moto GP

Cara menghitung Poin Moto GP

Written By Makharis Agus Yahya on Jun 19, 2013 | 4:07 PM


Moto GP, Salah satu acara terfavorit di akhir pekan. Bagi pecinta MotoGP, melihat para Rider saling beradu kecepatan, skil dan saling take over pada tiap lap menjadi kesenangan tersendiri, apa lagi jika salah satu pembalap terjatuh, bertabrakan,,, tambah seru, asik dan menegangkan.

Namun, kebanyakan fans Moto GP terkadang hanya menonton dan melihat rider kecintaannya melesat saja, tanpa mengetahui berapa poin yang telah mereka kumpulkan dari sesi balap sebelumnya. Mengingat poin adalah yang menentukan nasib mereka menjadi Juara dan saya yakin, sebagian besar pecinta Moto GP belum mengetahui Cara menghitung Poin Moto GP. 

ada 3 macam perhitungan poin dalam Olahraga ini, dimana angka dan poin didapat dari hasil finish para pembalap dalam suatu seri balapan yang nantinya menjadi dasar perhitungan buat raihan Poin untuk Team dan Konstruktor.

3 macam perhitungan poin yaitu :

1). Poin untuk pembalap (Rider).
Poin ini didapat dari klasemen hasil race, dimana poin ini akan menjadi dasar perhitungan poin dari team dan konstruktor. Poin untuk pembalap diperoleh sesuai urutan finish mereka.
  Jika finish urutam pertama, poinnya 25 poin.
  Finish urutan 2 = 20  poin
  Finish urutan 3 = 16 poin
  Finish urutan 4 = 13 poin
  Finish urutan 5 = 11 poin
  Finish urutan 6 = 10 poin
  Finish urutan 7 =  9 poin
  Finish urutan 8 = 8 poin
  Finish urutan 9 = 7 poin
  Finish urutan 10 = 6 poin
  Finish urutan 11 = 5 poin
  Finish urutan 12 = 4 poin
  Finish urutan 13 = 3 poin
  Finish urutan 14 = 2 poin
  Finish urutan 15 = 1 poin
Jika ada pembalap yang digantikan, misal karena kecelakaan atau cidera, maka poin yang didapat rider pengganti tetap menjadi miliknya (bukan untuk rider yang digantikan), namun untuk kelasemen Team, poinnya akan disumbangkan untuk team yang dibelanya pada seri tersebut.

2). Poin untuk team.
Cara menghitung total poin tim yaitu diperoleh dari pembalap, jika tim menurunkan 1 pembalap, maka poin diperoleh dari pembalap tersebut. Jika tim menurunkan 3 pembalap maka total poin 3 pembalap tersebut dijumlahkan yang nantinya akan menjadi total poin tim di sesi balap tersebut, misal dari tim A menurunkan 3 pembalap, pembalap pertama finish pada posisi pertama, pembalap 2 finish urutan 5, pembalap 4 finish urutan 9, maka Poin untuk team sebanyak 43 poin.

3). Poin untuk konstruktor.
Konstruktor yang dimaksud disini adalah pemakai mesin dan chasis dari satu produsen yang sama. Poin konstruktor diperoleh dari akumulasi total poin pembalap yang meraih poin terbaik dan terbanyak dari masing masing sesi balapan dari para brand/pabrikan.

Cukup sekian dan semoga bermanfaat..... :)
Share this post :

Post a Comment

===========================================================
Silahkan berkomentar dengan baik dan benar.
Dilarang menulis komentar yang mengandung unsur Pornografi,
SARA, SARU, Kata Kasar.
Kami sangat menghormati dan menghargai setiap Komentar yang Anda berikan.
===========================================================

 
Contact : Fanspage | Google +. | Twitter.
Copyright © 2013. News Center - All Rights Reserved
Design by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger